Manfaat Limbah Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele

Manfaat Limbah Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan Lele
www.kaskus.co.id

Manfaat Limbah Kotoran Ayam Untuk Pakan Ikan LeleSudah menjadi hal biasa jika kotoran hewan itu di jadikan pupuk, tapi kalau kotoran hewan dijadikan pakan ternak itu bukan hal biasa lagi. Salah satu kotoran yang bisa digunakan untuk pakan ternak adalah kotoran ayam.

Kotoran ayam sekarang bisa di gunakan untuk pakan ikan lele, ini adalah kesempatan emas bagi pembudidaya ikan lele kalau ingin modal sedikit untungnya banyak, kotoran ayam bisa di dapatkan di mana-mana, terutama di tempat peternakan, di situ pasti banyak kotoran ayam berserakan, kemarin saya pergi ke peternakan ayam, saya tanya harga kotoran ayam perkilonya cuma Rp.100, murah sekalikan kalau dibandingkan dengan pakan ikan lele pada umumnya.

Bagi kalian yang di rumah punya budidaya ikan lele boleh di coba, berikut saya jelaskan cara membuat pakan ikan lele dari kotoran ayam,

1. Masukkan kotoran ayam ke dalam bak/timba sebanyak 10kg
2. Campurkan BIOCATFISH (BCF) sebanyak 100 ml dengan air sebanyak 5 liter.
3. Siramkan pada kotoran ayam hingga merata dan lembab agak basah.
4. Jika kotaran ayam sudah ada belatungnya, wadah tidak perlu ditutup rapat, cukup dibiarkan saja hingga 5 hari.
5. Jika belum ada belatung, wadah ditutup rapat hingga 5 hari baru kemudian dibuka agar lalat bertelur dan muncullah maggot atau belatung.
6. Pakan Fermentasi kotoran ayam siap diberikan ke ikan lele

 Jika kalian punya cara lain silahkan saja, asalkan tidak membahayakan ikan lelenya. Apalagi sekarang ikan lele sering terkena penyakit akibat kesalahan dalam membuat pakan. Jadi periksa terlebih dahulu bahan-bahannya kalau ingin membuat pakan ikan lele sendiri.

baca juga artikel terkait pupuk organik dari kotoran ayam
Artikel Terkait