Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak

Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
jfe-pyroproject.blogspot.com
Banyak kalangan menganggap sampah adalah sampah, ucapan tersebut pasti sering terdengar dikalangan masyarakat luas, karena sebagian besar masyarakat masih awam terhadap pengolahan sampah, mereka membuangnya begitu saja tanpa memikirkan manfaat yang bisa diambil jika didaur ulang atau diolah menjadi barang yang bernilai ekonomis dan fungsional.

Tidak seperti sampah pada umumnya, sampah plastik kini bisa diolah menjadi bahan bakar minyak yang mirip seperti premium atau pertamax, berdasarkan penelitian Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang bekerjasama dengan Tokyo Institute of Technology mengatakan zat cair yang dihasilkan dari proses pengolahan sampah plastik hampir sama dengan bahan bakar mesin bensin yang digunakan pada kendaraan, memang kualitasnya masih dibawah premium dan pertamax.

Mengolah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak
fjb.kaskus.co.id
Gambar diatas adalah Ecogreen adalah alat sederhana yg menggunakan proses priolisis utk mencairkan pelastik menjadi BBM sejenis Bensin,minyak tanah dan solar.
Desain dan pengoprasian yg sederhana membuat Ecogreen sangat diminati.

Rinciannya adalah satu kilogram plastik dapat diubah menjadi satu liter bahan bakar minyak, dengan cara ini diharapkan dapat mengatasi masalah sampah plastik di indonesia. Apalagi sampah plastik di indonesia itu jumlahnya berkubik-kubik. Jika proyek ini berhasil kita tidak lagi bergantung pada minyak bumi yang selama ini kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

baca juga alat lain pengubah sampah plastik menjadi bbm
Artikel Terkait