Mesin Pengolah Sampah Menjadi semen

Mesin Pengolah Sampah Menjadi semen
sugengsis.blogspot.com
Bagi yang mengatakan sampah adalah sampah itu salah, sekarang sampah yang sebelumnya tidak berguna dan dibiarkan menumpuk, sudah bisa dijadikan bahan pembuatan semen atau bisa dinamakan ekosemen. Ini akan menjadi bisnis yang menggiurkan bagi pelaku industri yang berminat menanamkan sahamnya dibidang tersebut.

Pengolahan sampah menjadi ekosemen pertama kali dilakukan di jepang, tahun 1992 mulai diadakan penelitian oleh para ahli di jepang, Para peneliti Jepang telah meneliti kemungkinan abu hasil pembakaran sampah, endapan air kotor dijadikan sebagai bahan semen. Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa abu hasil pembakaran sampah mengandung unsur yang sama dengan bahan dasar semen pada umumnya. 

Pada tahun 1998, setelah melalui proses uji kelayakan akhirnya pabrik pertama di dunia yang mengubah sampah menjadi semen didirikan di Chiba. Pabrik tersebut mampu menghasilkan ekosemen 110.000 ton per tahunnya. Sedangkan sampah yang diubah menjadi abu yang kemudian diolah menjadi semen mencapai 62.000 ton per tahun, endapan air kotor dan residu pembakaran yang diolah mencapai 28.000 ton per tahun. Hingga saat ini sudah dua pabrik di Jepang yang memproduksi ekosemen.

Ekosemen di jepang sekarang sudah digunakan untuk pembuatan jembatan, jalan, gedung dan lain-lain, di indonesia sudah ada pembuatan ekosemen dari sampah yaitu di PT Semen gresik jawa timur,di pabrik tersebut selain dijadikan ekosemen sampah juga dijadikan pupuk dan bahan-bahan berguna lainnya.

Dengan adanya ide-ide tersebut sampah sekarang bisa menjadi bahan yang berguna, untuk itu buanglah sampah pada tempatnya, pisahkan sampah organik dan anorganik. Diharapkan masyarakat itu bisa diajak berkerjasama yang baik dalam mengolah sampah, agar tempat tinggal kita bisa nyaman dan bersih, mulailah hidup bersih dari sekarang kalau tidak kapan lagi.

Artikel Terkait