Buah Busuk di Ubah Menjadi Bioetanol Pengganti BBM

Buah Busuk di Ubah Menjadi Bioetanol Pengganti BBM
suksesgalau.blogspot.com
Buah Busuk di Ubah Menjadi Bioetanol Pengganti BBM - Buah merupakan makanan yang bisa menyehatkan badan, apabila kita mengkomsumsinya dengan teratur. Karena buah itu sebagian besar mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan badan, namun jika buah sudah terlalu lama tidak dimakan atau dibiarkan pasti akan cepat membusuk dan tidak enak untuk dimakan. Jika buah sudah membusuk, bukan berarti buah tersebut tidak bermanfaat lagi.

Menurut penelitian para ahli buah yang sudah membusuk bisa digunakan sebagai bahan pembuatan bioetanol, buah yang digunakan biasanya buah yang mengandung kadar gula tinggi contohnya buah papaya, buah papaya mengandung kadar gula 10%. Kadar yang cukup tinggi untuk dibuat ethanol.

Hitung-hitungan teoritis di atas kertas. Andaikan seluruh gula di dalam pepaya bisa diubah menjadi etanol, maka etanol yang bisa diproduksi sekitar 5.1%. Satu ton buah afkir, teoritisnya, bisa menghasilkan 51kg ethanol absolute. Realitasnya efisiensinya tidak pernah 100%. Mungkin hanya 85-90% yang bisa diambil. Demikian juga kadar etanolnya mungkin 60%, 80%, atau 95%. Meskipun begitu volumenya cukup besar, bisa sampai 48 liter dan nilainya bisa Rp 576.000 per ton buah afkir. Nilai ini akan bertambah besar jika limbah bioetanolnya diolah kembali menjadi pupuk organik cair (POC).

Cara Pembuatan

1. Buah dihancurkan terlebih dahulu dengan menngunakan parutan atau ditumbuk.
    Menghancurkan buah pepaya dengan cara ditumbuk
2. Masukkan Urea & NPK ke dalam drum dan dicampur hingga merata.
    Just buah pepaya yang siap difermentasi
3. Encerkan yeast dengan air hangat-hangat kuku, diaduk sampai muncul buihnya.
4. Masukkan ragi ke dalam sari buah dan diaduk sampai tercampir merata.
    Campuran ragi roti dan NPK harus diaduk sampai tercampur merata.
6. Sari buah difermentasi minimal selama 72 jam atau 3 hari, sampai tidak muncul buihnya lagi.
7. Sari buah diperas dan diambil airnya.
8. Air perasan ini kemudian didistilasi untuk mendapatkan ethanol.
 
Limbah sisa distilasi bisa diolah kembali menjadi POC (Pupuk Organik Cair). Pupuk organik yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk perkebunan atau pertanian.

Itulah cara - cara untuk membuat bioetanol, jika anda tertarik bisa dipraktekan dirumah, kumpulkan buah - buahan yang sudah membusuk kemudian mulailah membuat bioetanol seperti cara - cara diatas. Apabila anda mempunyai cara lain silahkan, cara terbaik pasti akan menghasilkan bioetanol yang bagus, semoga berhasil.
Artikel Terkait