Kerajinan dari Celana Jeans Bekas


Kreativitas memang tidak ada batasnya, setiap saat selalu ada ide baru yang muncul. Seperti kerajinan tangan yang satu ini, kerajinan tangan ini di buat dengan bahan yang mudah di dapatkan, hampir setiap orang mempunyai bahannya yaitu celana jeans bekas, sayang kalau celana jeans yang sudah tidak terpakai di buang atau di jadikan kain lap, padahal hasil dari kerajinan yang terbuat dari bahan ini tidak kalah dengan merek terkenal lainnya.







Gambar diatas adalah salah satu contoh kerajinan yang bisa di buat dari celana jeans bekas. Dari pada membeli tas baru lebih baik membuat tas sendiri dari jeans bekas ini, cara membuatnya cukup mudah, berikut adalah petunjuk cara membuat tas dari celana jeans bekas:

Bahan-bahan:   
-Celana Jeans Bekas
-Kain Perca
-jarum dan benang
-Aksesori


Cara Membuat:
1. Potong celana jeans sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Polanya bisa mencontek dari pola tas yang ada. Jika ukuran celana jeansnya kecil, bisa disambung-sambung terlebih dahulu.
2. Satukan dan jahit kedua potongan celana jeans dengan posisi dibalik (bagian luar saling menghadap ke dalam). jahit 3 sisi saja, bawah-kiri-kanan. Kalau gak kuat jahit sendiri, panggil aja tukang jahit keliling,minta jahitkan 3 sisi tadi. Supaya ada efek penampang bawah tas, Buat sedikit lipatan pada masing-masing ujung kiri dan kanan bawah,lalu jahit tegak lurus dengan jahitan sisi gak kiri.

3. Setelah dijahit, balik tas jeans, lipat sedikit bagian atas yang tidak dijahit, lalu setrika rapi.

4. Pasang resleting pada bagian atas. sesuaikan ukuranya. Kalau gak suka pakai sleting, bagian atas tersebut masing-masing dijahit rapi,lalu buat "lidah" penutup tas di bagian atasnya.

5. Sisa potongan jahitan celana jeans jangan dibuang yaaa... Bisa dipakai sebagai pegangan tas. ukurannya bisa disesuaikan dengan selera. Jahit pada sisi dalam bagian atas Tas Jeans.

6. Beri hiasan dari kain perca sesuai selera. Bisa dibuat pita melingkari tas, atau potongan perca yang diaplikasikan di bagian depan tas.
Hasilnya memang tidak sebagus yang di jual di mall, tapi paling tidak kita bisa berkarya untuk diri kita sendiri dan tentunya bisa menghemat uang. Kalau kalian punya celana jeans yang sudah tidak terpakai alangkah baiknya jika di ubah menjadi karajinan di atas, tapi tidak hanya tas saja, masih banyak yang di bisa buat dari celana jeans bekas, contohnya seperti dompet, sandal, dan lain - lain.

Artikel Terkait