Kerajinan Tangan dari Kertas Bekas



Keberadaan kertas bekas memang sangat mengganggu, apalagi kalau sudah menumpuk seperti gunung, pasti membuat rumah anda menjadi sumpek dan tentunya tidak nyaman untuk di tempati. Tapi di tangan orang kreatif kertas bekas yang mengganggu tadi bisa diubah menjadi kerajinan yang unik dan indah. Jadi tidak heran ternyata banyak pelaku usaha yang sukses memanfaatkan kertas bekas untuk di jadikan bahan produksi, seperti kerajinan atau daur ulang. Selain itu kertas bekas harganyapun murah dan mudah untuk di dapatkan.

Salah satu kerajinan yang bisa di buat dari kertas bekas adalah bunga, cara membuatnyapun tidak sulit, tapi butuh kesabaran dan ketelatenan agar bisa menghasilkan karya yang sempurna dan di minati orang banyak.
Berikut bahan dan cara untuk membuat bunga dari kertas bekas:

Alat dan Bahan:
-kertas warna-warni / asturo
-benang
-gunting/cutter
-selotip


NB: untuk membuat 1 bunga dengan bentuk bulat seperti ini dibutuhkan 12 potong pola bunga.
Bedanya, jika anda membuat lampion polanya berbentuk bulat. Namun untuk membuat pola ini berbentuk bunga.

Cara membuat:
-Buatlah pola bunga dari kertas asturo/berwarna lainnya dengan ukuran letter yaitu 85” X 11 atau 21.6 cm X 27.9 cm

-Potong kertas sesuai pola, hati - hati kalau memotong agar tidak keluar dari pola

-Jika anda menginginkan benang untuk menggantung bunga itu nantinya, siapkan benang dan potong secukupnya. Buat lubang kecil di tengah - tengah pola bunga kemudian masukkan benang itu lalu diplester

-Setelah lengkap potongan pola bunga berjumlah 12, kemudian rangkai potongan - potongan tersebut dengan cara menggabungkan satu potongan dgn potongan lain melalui celah - celah di kelima sisi potongan yang telah dibuat sehingga terbentuk rangkaian bunga yang cantik. Berikut adalah hasil kerajinannya,


Tidak hanya itu masih banyak kerajinan yang bisa di buat dari kertas bekas, ini adalah salah satu contoh untuk membuktikan kepada anda semua, bahwa barang bekas itu tidak selamanya sampah, dengan kreativitas tinggi barang bekas bisa di ubah menjadi barang yang berguna dan tentunya mempunyai nilai jual. Selain itu sudah banyak wisatawan mancanegara yang menyukai kerajinan ini dan bersedia membelinya dengan harga tinggi. Mereka biasanya menggunakan kerajinan ini untuk hiasan dinding atau hadiah ulang tahun.

Kegiatan ini juga cocok untuk meningkatkan kreativitas anak - anak yang masih belajar di TK atau yang lainnya. Agar mereka tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan cerdas, serta barguna bagi masa depannya nanti.

baca juga kerajinan dari koran bekas
Artikel Terkait