Kerajinan Tangan dari Limbah Kulit Jagung


Jagung merupakan salah satu makanan pokok yang memiliki banyak manfaat, jagung bisa di masak menjadi jagung bakar, grontol (makanan tradisional jawa), sayur untuk kuah, dan lain - lain. Lepas dari itu semua selain jagungnya yang bisa dinikmati, kulit jagungnya ternyata bisa dijadikan kerajinan tangan yang indah dan unik.

Kulit jagung merupakan limbah organik basah, maka kulit jagung memiliki kandungan air yang tinggi. Cara pengolahannya dengan proses sederhana dan relatif mudah yaitu dengan panas matahari hingga kering. Setelah kering kulit jagung dapat diwarnai, lalu dikeringkan, dan diseterika agar lembarannya dapat terlihat lebih halus dan rata agar mudah dibentuk.

Kerajinan tangan dari kulit jagung memiliki banyak macam yang bisa dijadikan hoby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif. Diperlukan rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan untuk menghasilkan barang kerajinan. Berikut adalah macam - macam kerajinan dari kulit jagung,









Seperti yang telah diketahui bahwa kulit jagung merupakan limbah hasil pertanian, keberadaannya hanya dianggap sebagai sampah dan tidak berguna sama sekali. Namun apabila kita bisa berfikir kreatif sampah tersebut dapat disulap menjadi aneka macam kerajinan tangan yang bernilai yang memiliki daya guna tinggi. Bahkan ada beberapa pengrajin yang mampu memasarkan produknya hingga ke mancanegara karena produk dari kulit jagung yang ia buat sangat unik dan diminati oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Untuk yang diperoleh pengguna juga sangat banyak karena mengingat bahan utama yang digunakan adalah kulit jagung yang tidak bisa dijual dengan harga tinggi.

Begitu banyak kerajianan yang bisa di ciptakan dari sampah seperti kulit jagung ini, sudah saatnya kita mencintai lingkungan dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan untuk membuat kerajinan, sampah saja bisa jadi bahan untuk membuat kerajinan kenapa harus menggunakan bahan yang baru. Ini juga menjadi prospek yang bagus bagi perajin kerajinan dari bahan sampah karena modalnya sedikit pemasukannya banyak, untuk itu jadilah pahlawan lingkungan dengan memanfaatkan sampah menjadi kerajinan yang di minati orang banyak.

baca juga Kerajianan dari Batang Korek Api
Artikel Terkait