Siswa MTs Asal Kudus Ini Ubah Asap Rokok Jadi Oksigen

Siswa MTs Asal Kudus Ini Ubah Asap Rokok Jadi Oksigen
www.tribunnews.com
Bagi seorang perokok, asap rokok merupakan suatu kenikmatan. Tapi mereka yang tidak perokok akan sangat terganggu dengan asap yang keluar dari mulut perokok. Siswa Mts dari Kudus ini menemukan solusinya.

Mereka menciptakan alat yang bisa mengubah asap rokok menjadi oksigen, alat ini diberi nama T-Fanter 25. Alat ini bisa mendegradasi kadar CO2 dalam asap rokok, dari 60 persen menjadi 14 persen. Butuh waktu empat bulan untuk membuat alat tersebut, mulai dari penyiapan bahan hingga diujicobakan di laboratirum milik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang. 

Komponen alat ini cukup sederhana. Antara lain terdiri dari, lampu ultraviolet, TEOS, karbon aktif, TiO2, dan beberapa komponen lain. Alat berdimensi tinggi 75 Cm, lebar 15 Cm, dan panjang 50 Cm. Karena asap selalu bergerak ke atas, alat ini cukup ditaruh di atas, nanti asap yang terserap akan diproses selama kurang lebih 30 menit, dan keluar sudah menjadi oksigen.

Untuk biaya sudah menghabiskan 7 juta lebih, itu mulai dari pembuatan alat sampai tercipta alatnya. Untuk itu mengajar anak untuk selalu mandiri dan kreatif adalah hal yang penting, karena cerminan negara maju salah satunya adalah rakyatnya yang selalu mandiri dan kreatif.

Setelah itu pemerintah juga harus merealisasikan untuk membuat alat ini dengan di bangunnya pabrik pembuatan alat tersebut dan di perjual belikan secara masal kepada publik, agar nantinya tidak ada lagi masalah pencemaran udara dari asap rokok.

kalau ingin informasi yang lebih jelas bisa mengunjungi ini Ubah Asap Rokok Jadi Oksigen, Tiga Siswa MTs Gondol Medali Emas
Artikel Terkait