5 Kerajinan dari Pipa Pralon Bekas

Unik dan simple adalah kata yang pas untuk kerajinan di bawah ini, bagaimana tidak pipa pralon yang sebelumnya tidak terpakai kini bisa di ubah menjadi kerajinan yang selalu terpakai. Dengan kreativitas yang mumpuni pipa pralon bekas ini bisa di ubah menjadi kerajinan yang unik dan menarik dan dapat membantu aktivitasmu sehari - hari.

Hasil kerajinan dari pipa pralon bekas ini tidak kalah bagus dengan yang di jual di mall atau pasar swalayan lainnya. Mengingat bahan yang di gunakan mudah di dapatkan dan harganya pun terjangkau, jadi kalau kita bisa berkarya untuk diri kita sendiri mengapa tidak. Berikut adalah contoh kerajinan dari pipa pralon bekas,

1. Sebagai Rak Sepatu

rak sepatu dari pipa paralon
www.minq.com

Rak sepatu mungkin terdengar kurang penting, namun jika rak sepatu yang ada di rumah kamu tidak ada, pasti akan terasa berantakan sekali karena tak ada tempat untuk merapikan sepatu. Rak sepatu pun dapat kita buat dengan pipa paralon dengan cara menyusun pipa paralon bekas dengan rapi, namun sebelumnya ratakan terlebih dahulu ukuran dari pipa paralon tersebut agar terlihat rapi, jika ukuran sudah sama, barulah susun pipa paralon dan ikat atau lem agar tidak jatuh.

2. Sebagai Penyangga Laptop

penyangga laptop dari pipa
sitoledotcom.wordpress.com

Biasanya dudukan laptop yang kita gunakan adalah penyangga khusus laptop yang ada kipas angin sebagai pendingin laptop dan kabel usb. Jika kamu tidak memiliki penyangga khusus laptop, kamu dapat membuatnya dengan pipa paralon bekas. Namun sebelumnya kamu harus membeli sambungan pipa paralon berbentuk huruf L untuk penyambung pipa paralon. Potong pipa paralon menjadi tiga bagian panjang, dan dua bagian pendek, lalu sambung semua potongan menjadi bentuk persegi panjang dengan menggunakan sambungan pipa paralon berbentuk huruf L, kemudian lem dan menjadi seperti berikut.

3. Rak Piring

rak piring dari pipa paralon
fr.pinterest.com

Membuat rak piring dengan menggunakan paralon bekas sangatlah mudah. Usahakan agar paralon bekas yang kamu gunakan berdiameter yang cukup lebar supaya memudahkan dalam pembuatannya. Pertama kamu harus memotong paralon menjadi dua bagian (setengah lingkaran), kemudian kamu tinggal melubangi pipa paralon yang setengah lingkaran itu dengan pisau, ukuran lubangnya kamu sesuaikan dengan lebar piring yang ada di rumah kamu tentunya.

4. Rak Buku

rak buku dari pipa
www.bookcaseporn.com

Buat kamu yang hobi membaca tentu menginginkan sebuah perpustakaan pribadi. Ternyata kalau kamu kreatif, kamu dapat membuat perpustakaan pribadi sendiri. Pipa paralon bekas dapat kamu jadikan bahan utamanya. Namun, agar lebih menarik kamu bisa mewarnai pipa paralon yang akan kamu gunakan. Yang kamu butuh adalah beberapa potong pipa paralon bekas berdiameter kecil dan tentunya sambungan pipa paralon berbentuk huruf L. Pertama kamu harus mengukur tempat yang ingin kamu buat menjadi perpustakaan, kemudian menyesuaikan ukuran pipa paralon tersebut. Kamu juga memerlukan sambungan untuk dari dinding ke pipa paralon, kamu bisa mendapatkannya di toko matrial. Jika semua sudah siap, sambung satu persatu pipa paralon, lalu lem agar lebih merekat. Ketika semua sudah terbentuk sesuai keinginan kamu, pasang pipa paralon tadi di dinding dengan menggunakan kayu dan paku.

5. Pot Tanaman

www.youtube.com
Bagi anda yang suka dengan tanaman hias, mungkin pot cantik dari pipa pralon bekas ini bisa menambah indah tanaman anda. Cara membuatnya tidak sulit, cukup dengan memotong pralon sesuai kebutuhan, lalu lubangi bagian tengah pralon sesuai pada gambar serta beri penutup pada kedua ujung pralonnya, terakhir beri kawat pada kedua ujung pralon untuk pengait, bagaimana simplekan? pot tanaman dari pipa pralon siap di gunakan.

Sebenarnya semua barang bekas termasuk pipa pralon bekas itu bisa di manfaatkan untuk bahan membuat kerajinan, tinggal kita bisa mengubahnya apa tidak. Jika kalian punya bakat ketrampilan, olahlah bakatmu agar bisa menghasilkan karya yang menarik dan bisa di manfaatkan orang banyak, karena sebaik - baiknya manusia itu yang bisa bermanfaat bagi orang lain.

baca juga Busana dari Bahan Bekas
Artikel Terkait

6 comments

dikudus ada yang kreatif seperti itu gak mas?

Balas

wahhh kereenn. sangat kreatif..
terima kasih untuk infonya, kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

Balas