Kerajinan Tangan dari Bulu Ayam














Bisa mengubah benda yang tidak berguna menjadi benda yang mempunyai nilai guna adalah hal yang menyenangkan, apalagi benda tersebut dapat menghasilkan nilai tambah, pasti akan menguntungkan bagi yang membuatnya. Di sisi lain kreativitas memang selalu membawa kita dalam kesenangan, asalkan kita dapat menggunakannya dengan benar tanpa merugikan orang lain.

Salah satunya adalah kerajinan dari bulu ayam ini, jika salah satu dari kalian ada yang ahli dalam hal memotong hewan, khususnya hewan ayam, pastikan setelah mencabuti bulu ayamnya jangan di buang begitu saja bulu ayamnya, karena dari limbah bulu ayam tersebut ada kerajinan yang bisa di ciptakan. Salah satunya adalah sulak, sulak terbuat dari limbah bulu ayam, yang di kaitkan secara melingkar pada kayu rotan yang sudah di lapisi kertas menggunakan benang khusus, cara membuatnya memang tidak sulit tapi harus teliti benar, agar sulak yang sudah jadi tidak cepat rusak atau pudar, berikut adalah contoh kerajinannya
















Akan tetapi kerajinan yang bisa di buat dari bulu ayam tidak hanya itu saja, melainkan ada beberapa yang bisa saya sebutkan yaitu Kipas manual, Bulu ayam merak yang ada di reog ponorogo, pakaian adat, bola bulu tangkis, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang perlu di perhatikan, jika anda ingin membuat kerajinan dari bulu ayam ini pastikan di cuci terlibih dahulu bulu ayamnya sampai benar - benar bersih, setelah itu di jemur di bawah trik matahari sampai kering, karena belakangan ini banyak orang yang terkena penyakit flu burung akibat terlalu sering bersama unggas peliharaannya, serta tidak memperdulikan kebersihan kandang dan unggasnya. Akibatnya virus - virus penyakait banyak yang menempel pada bulu dan pasti terhirup oleh orang yang memegang unggas yang kotor tadi.
Artikel Terkait