Kerajinan Tangan dari Kulit Kacang Tanah


Ada banyak ide - ide kreatif yang bisa muncul dari pembuatan kerajinan, beragam kerajinan yang unik dan menarik bisa di buat dengan mudah, dengan kreativitas yang tinggi sampah atau barang bekaspun bisa di buat kerajinan.

Siapa bilang kulit kacang itu tidak berguna bahkan di anggap sampah, di tangan orang - orang kreatif ternyata kulit kacang itu bisa di manfaatkan untuk bahan membuat kerajinan. Cara membuatnya tidak sulit, dengan satu dua kali latihan di jamin pasti bisa. Saya sudah mempraktekan sendiri di rumah, awalnya memang sulit, tapi dengan kesabaran dan ketekunan akhirnya saya bisa menciptakan kerajinan dari kulit kacang tanah. Berikut adalah contoh kerajinannya,



Belum banyak kalangan yang mencoba kerajinan ini, jika anda berminat anda bisa mencobanya di rumah.
Hal ini karena sekilas mungkin tidak terpikirkan bahwa kulit kacang mempunyai nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan isi kacang itu sendiri. Dengan sentuhan tangan-tangan kreatif, kulit kacang dapat disulap menjadi benda-benda kerajinan yang mempunyai nilai guna, nilai seni, dan bahkan keduanya.

Perkembangan seni kerajinan ini baru muncul tahun 2010 an,  kerajian kulit kacang banyak di jumpai di daerah jawa. Munculnya kesenian ini bermula banyaknya pabrik-pabrik pengolah kacang dan banyaknya tumbuhan kacang di indonesia, sehingga banyak limbah kulit kacang yang tidak terurus dan jadikan sampah yang tidak berguna, hal inilah yang masyarakat indonesia mengambil inisiatif dan membuat menjadi kerajinan tanngan yang bernilai ekonomis. Demikian semoga bermanfaat.

baca juga Membuat Asbak Rokok dari Kaleng Bekas

Artikel Terkait