Kerajinan Tangan dari Logam

Sudah sepatutnya kita harus bisa merawat dan memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki, agar kita dapat memperoleh manfaat dan keuntungan untuk hidup berbangsa dan bernegara. Sebenarnya ada banyak sumber daya alam yang kita miliki, dan tentunya kita harus bisa mongolahnya dengan bijak, agar  salah satunya ialah memanfaatkan sumber daya alam berupa Logam, Logam terdiri dari emas, perak, perunggu, tembaga, kuningan, besi, alumunium, dan timah.

Logam - logam tersebut bisa kita buat kerajinan yang nantinya bisa kita jual untuk memperoleh keuntungan. Dari macam - macam logam yang saya sebutkan di atas dan tentunya kalian juga sudah pasti tahu, emas adalah logam yang terbaik dan tentunya harganya paling mahal, tetapi entah kenapa emas sekarang semakin lama semakin langka, bahkan sangking langkanya banyak perhiasan yang menggunakan emas hanya untuk melapisi saja atau bisa di sebut dalamnya tidak murni emas. Maka dari itu kita tidak boleh tertipu antara emas murni dengan emas yang tidak murni. Berikut adalah contoh kerajinannya,

1. Emas
Emas biasanya di buat kerajinan dalam bentuk perhiasan dan juga bangunan seperti Monas di Jakarta, masjid qubah emas dan lain - lain.

Kerajinan Tangan dari Logam

2. Perak
Kerajinan perak banyak kita jumpai dalam bentuk perhiasan dan juga miniatur - miniatur.

Kerajinan Tangan dari Logam

3. Perunggu
Perunggu banyak di pergunakan sebagai bahan membuat patung atau monumen.

Kerajinan Tangan dari Logam

4. Tembaga
Mendengar kata tembaga pasti kita langsung tertuju pada kabel - kabel yang di gunakan untuk menyalurkan listrik. Ya memang kabel itu terbuat dari tembaga yang di lapisi karet sintetis yang rekat sekali.

Kerajinan Tangan dari Logam

5. Kuningan
Kuningan biasanya di buat kerajinan seperti gong alat musik, lencana, dan lain - lain.

Kerajinan Tangan dari Logam

6. Besi
Banyak kerajinan yang bisa di buat dari besi, contohnya seperti pagar, sepeda, tralis, kanopi, dan lain - lain.

Kerajinan Tangan dari Logam

7. Alumunium
Alumunium banyak kita jumpai dalam bentuk kerajinan seperti gambar di bawah ini.

Kerajinan Tangan dari Logam

8. Timah
Kalau timah jarang di buat kerajinan, biasanya timah di buat bahan untuk perekat pada komponen elektronik atau biasa di sebut dengan kawat tenol.

Kerajinan Tangan dari Logam

Itulah beberapa kerajinan yang bisa di buat dari bahan logam, tidak ada salahnya jika kalian ingin mencoba membuatnya, siapa tahu berhasil dan bisa membuka usaha pembuatan karya seni seperti contoh di atas.

baca juga Kreasi Tempat Lilin dari Barang Bekas
Artikel Terkait