Kerajinan Tangan dari Tanah Liat



















Sudah menjadi rahasia umum jika tanah liat itu bisa di gunakan untuk membuat kerajinan. Dari zaman nenek moyang kita sampai sekarang tanah liat masih saja digunakan untuk bahan membuat kerajinan. Kerajinan yang di hasilkan juga beraneka ragam, pemanfaatan tanah liat banyak di gunakan untuk menghasilkan kerajinan yang multiguna dengan kata lain tidak hanya untuk pajangan saja, akan tetapi memiliki daya guna untuk kebutuhan hidup sehari – hari. Contohnya tungku atau kompor tradisional yang bahan bakarnya masih menggunakan kayu, genteng sebagai penutup atap rumah, kendi sebagai tempat air minum dan masih banyak lagi.

Karena teksturnya yang lembut, membuat tanah liat mudah untuk di bentuk.  Maka tak jarang jika tanah liat itu bisa di buat berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai seni yang tinggi. Berikut contoh yang lain,




Sebenarnya ada banyak sekali bahan di sekitar kita yang bisa dimanfaatkan untuk membuat suatu karya seni yang bernilai tinggi. Seperti kerajinan dari tanah liat yang memiliki nilai lebih dari pada kerajinan bahan yang lain. Tanah liat merupakan suatu bahan yang bisa dibuat aneka kerajinan tangan.

Akan tetapi di zaman modern seperti sekarang, kerajinan dari tanah liat ini lebih banyak di gunakan untuk pajangan saja, karena orang lebih memilih barang atau alat yang sudah modern untuk kebutuhan hidup sehari - hari. Contohnya di zaman sekarang orang lebih banyak menyimpan air minum di ceret yang terbuat dari alumunium dan sudah tidak memakai kendi lagi untuk menyimpan air, padahal kalau di simpan di kendi itu airnya sejuk atau dingin alami.

baca juga Kerajinan Tangan dari kulit kerang
Artikel Terkait