Kerajinan Tangan Topeng

Seni dan budaya indonesia memang sudah terkenal hampir di seluruh dunia, keindahan dan keunikannya mengundang jejak kagum para wisatawan asing maupun lokal, serta sejarah seni yang selalu menginspirasi orang indonesia membuat negeri ini kaya akan seniman - seniman yang kreatif. Salah satu contoh karya seninya yaitu seni rupa murni berupa topeng, topeng biasanya di gunakan untuk pertunjukan komedi atau upacara - upacara adat yang sering dilakukan oleh orang -orang pedalaman di indonesia.

Untuk bahan membuat topeng biasanya menggunakan kayu atau tanah liat, tetapi orang indonesia kebanyakan membuat topeng dari bahan kayu karena ringan saat di pakai akan tetapi kalau di buat dengan tanah liat akan terasa berat saat di pakai. Berikut adalah contoh karyanya,

Kerajinan Tangan Topeng





Kerajinan Tangan Topeng





Kerajinan Tangan Topeng















Langkah-langkah pembuatan topeng dari kayu adalah sebagai berikut:

1. Kayu gelondongan dibentuk segitiga dan dihaluskan permukaannya
2. Mulai dipahat sedikit demi sedikit terutama untuk peletakan bagian-bagian wajah seperti mata, pipi, dan bibir. Bagian hidung harus lebih timbul dari bagian lainnya
3. Setiap permukaan wajah mulai dibentuk dengan menggunakan pahat
4. Setelah cukup rapi, seluruh permukaan wajah diolesi cat dasar, kemudian diamplas.
5. Setelah cat kering, mulailah wajah topeng itu didandani dengan menggunakan cat warna. Tentu saja disesuaikan dengan jenis topengnya.

Topeng merupakan hasil karya seni kerajinan yang harus kita jaga dan kita lestarikan, agar ke depan generasi muda bangsa ini bisa menikmati dan merasakan keindahan topeng itu sendiri. Daerah penghasil kerajinan topeng di Nusantara sudah banyak sekali, antara lain Yogyakarta, Cirebon, Bali, Surakarta, dan Bandung. Setiap daerah memiliki ciri khas topeng yang berbeda.

Cara membuat topeng cukup sulit butuh kesabaran dan ketelitian tinggi agar hasilnya bisa sesuai dengan wajah yang kita inginkan.
Artikel Terkait