Sejuta Manfaat dari Pohon Kelapa untuk Kerajinan


Siapa yang mengira pohon kelapa hanya bisa di manfaatkan buahnya saja, padahal di balik itu semua hampir seluruh komponen pohon kelapa bisa di manfaatkan, mulai dari bawah hingga atas pohon kelapa. Akan tetapi ada sisi lain dari pohon kelapa yaitu manfaat air kelapa untuk menyembuhkan demam dan menetralisir racun. Begitulah kata orang-orang dahulu, mereka memang banyak tahu walaupun tidak menginjakkan kaki di bangku sekolah.

Berikut adalah manfaat pohon kelapa dari bawah hingga atas pohon,

1. Manfaat Daun Kelapa
- Daun kelapa dimanfaatkan oleh orang untuk berbagai macam alasan.

a. Daun kelapa dapat dijadikan sebagai sebagai atap, hiasan saat pesta adat
b. Daun kelapa dapat dijadikan sebagai ketupat saat menjelang hari lebaran.
c.. Tangkai daun kelapa juga dijadikan sapu lidi oleh ibu-ibu.

2. Manfaat Buah Kelapa
- Buah kelapa memiliki paling banyak manfaat, setiap bagian dari buah kelapa dapat di manfaatkan kita akan bagi penjelasannya mulai dari bagian luar yakni sabut kelapa

a. Sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pembakaran, biasanya juga dipakai pada warung makan.
b. tempurung kelapa walaupun memiliki zat yang cukup keras untuk melindungi bagian dalam kelapa,ternyata tempurung kelapa dapat bernilai ekonomis tinggi. Saya pernah mengajarkan bentuk kreatifitas anak-anak SMA. Mereka membuat berbagai kerajinan seni dari tempurung kelapa, dan memiliki nilai ekonomis dan estetika yang sangat tinggi. Patut dicoba.
c. Daging buah kelapa,kalau masih muda memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga cocok dijadikan minuman es kelapa muda. Daging kelapa yang sudah tua dapat dijadikan Santan untuk memasak.
d. Air kelapa Muda dapat bermanfaat untuk menetralisirkan racun di dalam tubuh, membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik.

3. Manfaat Batang Kelapa
Batang kelapa kadang-kadang digunakan untuk pembuatan jembatan di sungai, walaupun, walaupun teknologi sudah sangat maju, tetapi di sebagian pedesaan masih menggunakannya. Selain itu batang kelapa juga dapat digunakan untuk membangun rumah sebagai tiang penyangganya

4. Manfaat Akar kelapa
Walaupun hanya berupa akar, tetapi jangan remehkan akar kelapa. Akar kelapa bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kulit yang biasanya terdapat di antara Jari kaki.

5. Batok kelapa
Batok kelapa dapat di manfaatkan untuk kerajinan tangan, seperti boneka, patung, dan masih banyak lagi. Akan tetapi selain bisa di buat kerajinan, batok kelapa juga bisa di buat mangkuk untuk makanan, khususnya makanan yang berkuah

Itulah manfaat Pohon kelapa dari ujung akar sampai ujung daunnya, Maha Suci Allah yang telah menciptakan pohon kelapa yang kesemua bagiannya dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lima manfaat pohon kelapa tersebut adalah hal-hal yang telah ditemukan oleh umat manusia.

Jika anda punya pohon kelapa di rumah hendaknya di pelihara terus, nanti kalau sudah waktunya bisa di tebang dan di manfaatkan komponen pohonnya sesuai penjelasan di atas. Terima kasih semoga bermanfaat.

baca juga Kerajinan Dari Sampah Batok Kelapa
Artikel Terkait