Tips - tips Untuk Mengembangkan Kreativitas

Berimajinasi dan berkreasi adalah dua hal yang saling melengkapi, di mana seseorang jika ingin berkreasi menciptakan sesuatu pasti langkah awal yang di tempuh adalah dengan berimajinasi. Seperti hal nya membuat kerajinan tangan, untuk membuat kerajinan tangan di butuhkan kreativitas, kreativitas timbul karena ada imajinasi dan kreasi, semakin sering dan banyak kita berimajinasi dan berkreasi maka kreativitas kita akan semakin berkembang.


Kerajinan di atas adalah salah satu contoh hasil dari kreativitas seseorang, bagus atau tidaknya suatu kerajinan tergantung yang menciptakannya. Jika kalian ingin membuat kerajinan sebagus contoh diatas maka kalian harus mempunyai kreativitas yang mumpuni, berikut adalah tips - tips untuk mengembangkan kreativitas:

1. Jangan Takut untuk mencoba hal baru
Sebaiknya kita memiliki rasa yang ingin tahu, karena dengan rasa ingin tahu yang kita miliki maka rasa untuk mencoba hal yang baru akan lebih mudah, Hal-hal yang baru membuat kita akan lebih bisa meningkatkan kreatifitas, bahkan menggali kreatifitas kita, contohnya saja kita melihat orang membuat robot mini,kita sebaiknya memiliki rasa untuk mencoba dan mengetahui cara membuat robot tersebut, bahkan dengan rasa ingin tahu kita, kita dapat membuat robot yang lebih bagus dari pada itu.
 
2. Percaya Diri
Syarat ini merupakan syarat wajibnya, apabila kita ingin menggali kreatifitas kita kita sebaiknya memiliki jiwa yang selalu confident (PD), dengan rasa PD, maka kita nantinya dapat melalukan hal-hal baru dengan mudah tanpa adanya rasa takut salah atau takut jelek, dsb.
 
3. Berdoa
Dengan usaha yang kita lakukan, tanpa diiringi dengan doa kita tidak dapat melakukannya, kesuksesan yang besar di nilai dari usaha dan doa yang kita lakukan.

4. Amatilah sesuatu yang dikenal
Amatilah sesuatu kurang lebih 10 menit, dan gambarkan kembali apa yang Anda ingat. Tujuannya adalah untuk melatih dan mempertajam ingatan Anda. Jangan berhenti pada visualisasi saja lho, semua indera juga dapat membantu Anda dalam membangun kreatifitas karena smua indera yang ada pada diri kita memperoleh masukan sepanjang hari. Ingat, membangun kreatifitas berarti mempertajam pikiran, dan itu berarti juga meningkatkan kepekaan pengindraan pada diri kita.


5. Ambil sudut pandang orang lainUntuk poin ini didasarkan atas Andai kata. Artinya; Anda mencoba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil.


6. Belajar menjadi seorang inovator yang cerdas

Anda harus selalu mencari, menyesuaikan dan mengimplementasikan ide-ide, baik yang baru maupun yang lama. Anda dapat melakukannya dengan membaca, survei, penelitian atopun diskusi.


7. Jangan menunda pekerjaan

Seseorang dikatakan kreatif apabila dia tidak selalu menunda pekerjaannya dan jika sudah selesai dalam melakukan suatu pekerjaan dia akan langsung menyelesaikan pekerjaan berikutnya. Hal ini akan memunculkan prokduktivitas seseorang.


8. Selalu berpikir positif
Pikiran-pikiran yang positif akan membuat hidup Anda semakin mudah. Jika Anda selalu diselimuti pikiran-pikiran yang positif, maka jiwa Anda semakin tenang. Selain itu, Anda tidak lagi dikejar-kejar oleh apa yang tidak Anda suka dalam hidup, apa yang belum Anda capai dan berbagai pikiran negatif yang pada akhirnya membuyarkan fokus dan mimpi yang ingin Anda capai.


Itulah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengembangkan kreativitas, jika kalian mempunyai referensi lain yang lebih bagus lakukan saja, lebih banyak referensi juga akan meningkatkan kreativitas. Kita hidup tidak selamanya bergantung kepada orang lain, kita harus mandiri dan kreatif serta belajar dari kegagalan agar memperoleh hikmah dari apa yang kita lakukan. Untuk itu kita harus selalu percaya diri dan semangat dalam menjalani hidup, agar cita-cita yang kita impikan bisa terwujud dan kita tidak akan kehilangan masa depan yang gemilang.

baca juga Kerajinan Tangan dari Bulu Ayam
Artikel Terkait