Fakta Unik tentang Piala Presiden

Masih ingatkah kalian dengan final piala presiden, ya final yang mempertemukan antara dua kesebelasan persib dan sriwijaya fc dan berakhir dengan skor 2:0 untuk kemenangan persib, gol di ciptakan oleh Ahmad Jufriyanto dan Makan Konate. Namun di akhir pertandingan tersebut ada hal unik yang mangejutkan para netizen, yaitu saat penyerahan piala kepada sang juara persib bandung yang pialanya terbuat dari kayu. Lantas hal itu membuat para netizen bertanya - tanya mengapa pialanya terbuat dari kayu, "apa karena presiden kita mantan tukang kayu sehingga pialanya juga harus terbuat dari kayu" akan tetapi dari segi positifnya piala dari kayu merupakan kerajinan tangan yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Adalah Ida Bagus Ketut Lasem, perajin asal Desa Kemenuh, Kabupaten Gianyar, Bali, yang  dipercaya membuat tropi untuk juara sepak bola Piala Presiden. Selama sebulan dia mengerjakan trofi tersebut. Piala tersebut terbuat dari kayu jati, selama proses pengerjaan, kesulitan yang dia dihadapi adalah membuat proporsional bentuk piala setinggi 60 sentimeter dengan berat 15 kilogram dan lebar 25 centimeter.

Fakta Unik tentang Piala Presiden
redaksicepat.com
Fakta Unik tentang Piala Presiden
roda2blog.com

Tropi ini di buat sebagus mungkin dan dapat menyesuaikan segala cuaca. Bentuknya yang elegan ditambah dengan ukiran khas bali membuat tropi ini semakin cantik dan tidak kalah dengan tropi lainnya yang menggunakan bahan dari logam. Dan ini juga secara tidak langsung mempromosikan indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya dan kerajinan terutama kerajinan kayu serta menjadi salah satu negara yang menggabungkan olah raga dengan kebudayaan negara.

Untuk itu sudah sepatutnya kita melestarikan budaya kerajinan secara luas, agar seluruh dunia mau mengakui dan bersedia menjadi partner untuk berkerjasama memajukan kebudayaan negara.

baca juga Macam - macam Kerajinan Furniture
Artikel Terkait