Kain Tenun Kerajinan Nusantara

Sejak zaman dahulu nenek moyang bangsa indonesia selalu mewariskan kultur - kultur budaya yang wajib kita pelajari, agar kultur budaya tersebut tetap ada dan selalu di hati masyarakat indonesia. Kultur budaya di indonesia sangatlah beragam, setiap daerah mempunyai kultur budaya yang berbeda - beda, salah satu kultur budaya tersebut yang patut kalian ketahui ialah membuat kain tenun, yang sudah sejak zaman kerajaan di indonesia.

Zaman dahulu menenun kain merupakan hal yang sering di lakukan oleh nenek moyang bangsa indonesia, mereka menenun membuat kain untuk kebutuhan hidup sehari - hari. Tetapi sebenarnya menenun kain itu berasal dari kebudayaan tiongkok, india, dan arab. Awal mulanya ialah saat zaman kerajaan dulu para pedagang dari negara tersebut berdatangan ke indonesia, setelah bertahun - tahun berdagang akhirnya terjadi akulturasi budaya, yaitu saling menyerap unsur-unsur kebudayaan yang satu dengan  lainnya. Dan, salah satu unsur kebudayaan dari bangsa-bangsa asing yang telah  diserap oleh masyarakat indonesia adalah teknologi pembuatan kain tenun yang  hingga kini masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat indonesia. Berikut adalah contoh kerajinannya,

Kain Tenun Kerajinan Nusantara
borneo-artifacts.indonetwork.co.id

Kain Tenun Kerajinan Nusantara
www.kratonpedia.com

Menenun bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh kesabaran dan ketelitian yang tinggi, maka dari itu menenun sering di lakukan oleh perempuan kerena perempuan itu gerakan tangannya lebih halus dibandingkan laki - laki dan kesabarannya juga lebih sabar perempuan di bandingkan laki - laki, agar hasil tenunannya lebih rapi dan halus.

Banyak wisatawan mancanegara yang suka dan ingin membeli kain tenun buatan indonesia, mereka biasanya menggunakan kain tenun untuk selimut atau sarung untuk sholat bagi yang beragama islam. Dan progres dari bisnis ini juga meningkat setiap tahunnya.

Artikel Terkait