Kerajinan Multiguna dari Kayu Rotan

Ada banyak kerajinan unik yang bisa kita jumpai, salah satunya kerajinan yang terbuat dari kayu rotan ini, dalam hal kerajinan kayu indonesia adalah salah satu yang terbaik di dunia, karena sejak zaman nenek moyang kita kayu sudah di gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti membuat rumah adat, peti mati, jembatan untuk menyeberangi sungai, dan lain - lain.

Kalau zaman sekarang kerajinan dari kayu masih banyak yang sama dengan kerajian kayu zaman dulu, yang membedakan ialah konstruksinya sudah rapi dan kelihatan elegan, karena cara membuatnya sudah memakai alat dan bahan yang sudah modern, seperti plitur kuas atau semprot, penghalus yang sudah memakai tenaga listrik, boor, dan lain - lain. Tetapi di sini saya akan membahas kerajinan dari kayu rotan saja.

Selain bisa di makan, ternyata kayu rotan juga bisa di jadikan kerajinan, dan bahannya juga cukup mudah untuk di dapatkan, hanya tinggal memesan pada agen atau toko kayu rotannya dan akan langsung di order, yang membedakan kayu rotan dengan kayu pada umumnya ialah kayu rotan bisa di bengkokan sesuai dengan bentuk kerajinan yang akan kita buat, dan ada banyak kerajinan yang bisa di buat dari kayu rotan. Berikut adalah contoh kerajinannya,

Kerajinan Multiguna dari Kayu Rotan
tasunikkerajinanjogja.blogspot.com

Kerajinan Multiguna dari Kayu Rotan
www.alkasong.com

Kerajinan Multiguna dari Kayu Rotan
pemandangan.fotoindonesia.com

Tentu saja untuk membuat kerajinan di atas tidaklah mudah, butuh ketrampilan khusus untuk membuatnya. Banyak perajin rotan yang memasarkan produknya di pasar - pasar tradisional yang ada di daerahnya masing - masing, harganya sangat terjangkau, kita tinggal memilih barang yang akan kita beli.

Akan tetapi bisnis UKM ini perlahan mulai hilang di telan waktu, karena seiring perkembangan zaman kerajinan rotan ini sudah di anggap kuno, karena kalah bersaing dengan kerajinan zaman sekarang yang lebih bagus, dan tentu saja untuk anak muda juga pasti malu kalau di suruh untuk memakai kerajian dari rotan ini, mereka lebih suka memakai barang yang sudah tren di zaman sekarang.

baca juga Karya Unik Lukisan Graviti
Artikel Terkait