Tingkatkan Kreativitas Menuju MEA

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN membuat indonesia lebih di unggulkan untuk bersaing di MEA, akan tetapi entah mengapa orang indonesia tidak menyadarinya, malah banyak yang takut dengan persaingan di MEA dan beranggapan akan memperlambat kemajuan karir mereka karena akan ada banyak orang asing yang datang ke indonesia untuk bekerja, singkatnya mereka takut kalah kalau bersaing kerja dengan orang asing. Padahal kalau kita bersedia menelisiknya lebih dalam, manfaat yang bisa di ambil dari MEA ini sangat banyak sekali, kita akan memperoleh pengalaman yang baru karena akan bekerja dengan orang asing dan saling bertukar pengalaman dengan mereka, selain itu kita juga bisa belajar bahasa yang mereka gunakan sehari - hari saat masih di negara asalnya, dan masih banyak lagi yang bisa kita dapatkan.

Memang MEA masih awam bagi sebagian besar masyarakat indonesia. MEA adalah sebuah pasar tunggal yang disetujui oleh negara-negara di ASEAN pada dekade lalu. MEA sendiri adalah singkatan dari Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dalam istilah asing, MEA disebut sebagai ASEAN Economics Community atau AEC. MEA secara singkatnya bisa diartikan sebagai bentuk integrasi ekonomi ASEAN yang artinya semua negara-negara yang berada dikawasan Asia Tenggara (ASEAN) menerapkan sistem perdagangan bebas. Indonesia dan seluruh negara-negara ASEAN lainnya (9 negara lainnya) telah menyepakati perjanjian MEA tersebut.

Tingkatkan Kreativitas Menuju MEA

Tentu untuk menghadapi MEA kita bangsa indonesia harus meningkatkan kreativitas kita, kreatif itu mencakup banyak hal, kreatif dalam bidang seni, bisnis, marketing dan lain - lain. Untuk itu kita harus mulai dari diri kita sendiri dengan membiasakan hidup mandiri, kreatif, dan saling gotong royong. Agar nantinya kita bangsa indonesia bisa berjaya di MEA dan lebih spesifiknya di dunia.


Mungkin agak sedikit keluar dari topik, untuk meningkatkan kreativitas, salah satu kegiatan belajar yang bisa di lakukan ialah dengan sering membuat berbagai macam kerajinan tangan, dengan melakukan metode seperti itu kreativitas dan etos kerja kita juga akan meningkat dan manfaatnya kita akan lebih siap untuk menghadapi MEA dengan kemempuan yang kita miliki.

Tingkatkan Kreativitas Menuju MEA
 
Artikel Terkait