Cukli, Furniture unik Asal Lombok

Apakah kalian penyuka kerajinan furniture, furniture sangat cocok untuk hiasan atau pajangan interior rumah dan pastinya akan membuat tamu rumah kalian terkagum - kagum melihatnya. Kerajinan ini banyak di jumpai di pulau jawa dan bali, furniture sendiri terdiri dari kerajinan meja, kursi, almari, tempat tidur, pintu dan sebagainya. Namun apakah kalian sudah tau kerajinan yang satu ini, yaitu kerajinan Cukli yang berpusat di lombok NTB, kerajinan ini terbuat dari kayu yang di hiasi tempelan kulit kerang dan berbeda dengan kerajinan Mebel. Tetapi pada dasarnya sama dari segi bentuk maupun fungsi, yang membedakan hanyalah kulit kerang yang di tempelkan pada cukli.

Lebih jelasnya cukli merupakan potongan kulit kerang yang dijadikan sebagai hiasan pada kerajinan tangan tertentu. Seperti meja, kursi, lemari, tempat tidur, kotak perhiasan, dan sebagainya. Banyaknya pilihan motif yang unik membuat Cukli semakin digemari, tak hanya wisatawan domestik, tetapi juga mancanegara. Untuk membuat cukli di butuhkan kesabaran, karena cukup lama proses pembuatannya. Salah satu bagian proses pembuatannya yaitu sebelum di lubangi untuk tempat kulit kerang, cukli terlebih dahulu di plitur karena kalau di plitur saat kulit kerangnya sudah di tempelkan akan mengalami kesulitan saat pemlituran berlangsung, karena harus melewatkan kulit kerang satu demi satu dan itu akan semakin memperlambat proses pengerjaan. Berikut contoh kerajinannya,

Cukli, Furniture Asal Lombok
www.kerajinan.id
Cukli, Furniture Asal Lombok
www.lombokpreneur.com

Terlihat di gambar seorang pekerja sedang membersihkan cukli kursi yang sudah jadi, bagaimana menurut kalian, indah bukan. Untuk masalah harga, cukli di bandrol ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung besar kecilnya bentuk cukli. Jika kalian berminat langsung saja datang ke lombok, di sana bebas memilih kerajinan mana yang akan kalian beli dan sekalian jalan - jalan juga bisa.

Pelepah Pisang di Sulap jadi Kerajnan Unik
Artikel Terkait