Kerajinan Buah Bulin Khas Belitung

Kreativitas merupakan hal terpenting yang harus di miliki seseorang, dengan kreativitas seseorang dapat menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan berdaya guna. Kreatif itu banyak hal, di antaranya kreatif di bidang kerajinan, bidang bisnis, bidang iptek dan masi banyak lagi. Tetapi di sini saya akan membahas kreatif dalam bidang kerajinan, contohnya kerajinan dari buah bulin.

Pohon bulin atau ulin sering di sebut juga kayu besi, cukup terkenal karena sering digunakan sebagai bahan bangunan seperti konstruksi rumah, jembatan dan bahan pembuatan perahu. Namun di antara fungsi yang di miliki pohon bulin, buah dari pohon yang bernama latin Eusideroxylon zwageri ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan.  
Berikut nama kerajinan tangan yang terbuat dari buah bilin, di antaranya sepeda ontel mini, asbak, tempat pena, gantungan kunci, miniatur Kapal Dewa Ruci, dan miniatur Hewan seperti kodok, ayam, dan ular. Kerajinan itu Dibuat menggunakan pisau ukir. Sedangkan Sentuhan akhirnya diberikan polesan cat Kuas atau plitur juga bisa. 

Kerajinan Buah Bulin Khas Belitung
teropongdaniel.blogspot.com
 
Kerajinan Buah Bulin Khas Belitung
www.belitungcenter.com


Tetapi tentunya bukan perkara mudah untuk membuat kerajinanya, butuh skill khusus untuk menciptakan kerajinan dari buah bulin ini, karena untuk sekarang hanya orang belitung saja yang bisa membuat kerajinannya, itupun hanya yang berminat saja untuk membuat kerajinan ini.

Untuk masalah harga di bandrol mulai dari Rp 5 ribu sampai 250 ribu per kerajinan, tergantung ukuran dan tingkat kesulitan pembuatannya, tentunya ini cukup terjangkau dan sangat bersahabat dengan kantong kita.

Produk Kerajinan Indonesia Raih UNESCO Award
Artikel Terkait