Tips Cara Memilih Mebel yang Bagus

Mebel merupakan kerajinan yang terbuat dari kayu dan termasuk barang multiguna alias bisa di fungsikan sebagai pajangan dan di gunakan sebagaimana fungsinya. Kerajinan mebel sekarang sudah booming di seluruh daerah di indonesia bahkan di dunia dan sekarang kualitaspun menjadi hal yang paling penting, karena jika di abaikan akan mengurangi nilai seni dari mebel itu sendiri. Mebel di bagi dalam beberapa bagian, contohnya seperti kursi, meja, almari, tempat tidur, figura dan lain - lain.

Tips Cara Memilih Mebel yang Bagus

Untuk sekarang daerah pengrajin mebel yang sering menjadi langganan pembeli ialah jepara dan solo, dua kota ini juga selalu melayani ekspor mebel ke luar negeri, dan banyak yang memberi respon positif di sana.
Tetapi jika kalian ingin membeli mebel yang bagus tetapi belum tahu tipsnya, berikut ini saya jelaskan cara memilih mebel yang bagus dan berkualitas agar tidak tertipu,

1. Memilih kayu yang tidak berlubang
Mebel yang bagus kayunya harus utuh tidak boleh berlubang, karena jika berlubang akan cepat di makan rayap dan tentunya mebel tidak akan bertahan lama. Tetapi sebenarnya di tembel bisa, asalkan tembelannya kuat dan tidak mudah rapuh.

2. Memilih mebel yang kayunya sudah berumur tua
Pilihlah mebel yang umur kayunya sudah tua dan kering, dengan ciri - ciri sebagai berikut, serat kayu yang sudah padat, warna kayu cokelat kemerah - merahan, berat kayu berbobot dan kalau ketiga syarat itu sudah terpenuhi, mebel yang kita beli akan tahan terhadap perubahan cuaca bahkan empet cuaca sekaligus seperti di negara - negara eropa.

3. Konstruksi mebel harus kuat
Mebel dengan kontruksi yang kuat akan menjadikan mebel lebih tahan lama dan tidak cepat rusak. Serta bisa menahan beban berat sekalipun.

4. Jangan membeli mebel yang kayunya terkena trocoh
Ciri mebel yang terkena trocoh ialah ada lubang - lubang kecil pada kayunya, hal ini bisa menyebabkan konstruksi mebel cepat rapuh dan rusak. Trocoh sendiri sering di sebut hamanya kayu.

5. Finishing mebel yang bagus dan berkualitas
Tentu saja mebel dengan finishing yang bagus dan berkualitas adalah mebel yang paling sering di cari pembeli. Karena kualitas yang bagus akan mendatangkan banyak manfaat.

Itulah tips - tips yang perlu kalian ketahui jika ingin membeli mebel, namun jika kalian mempunyai tips lain yang lebih akurat silahkan saja, asalkan tidak salah dan merugikan.

Cari Kerajinan, Cari Saja di Sini
Artikel Terkait