Unik Kerajinan dari Eceng Gondok

Unik Kerajinan dari Eceng Gondok
news.okezone.com

Mungkin kalian sudah tahu tanaman yang satu ini, ya namanya eceng gondok atau bisa di sebut tanaman pengganggu. Tanaman ini tumbuh dan berkembang di atas permukaan air dan keberadaannya sering di anggap Gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok jika terus di biarkan, maka akan tumbuh besar dan menyebar luas di perairan, dampaknya air sungai tidak bisa mengalir normal dan akan mengakibatkan banjir. Penyebab utama eceng gondok tumbuh besar ialah kadar air sungai yang mengandung nutrisi yang tinggi, terutama yang kaya akan nitrogen, fosfat dan potasium.

Tetapi kalian jangan khawatir, di tangan orang kreatif eceng gondok dapat di ubah menjadi kerajinan yang bagus dan mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, adalah pengrajin di pasar Beringharjo, Yogyakarta, enceng gondok di ubah menjadi kerajinan yang berkelas, seperti meja, kursi, topi, miniatur dan masih banyak lagi. Tak hanya orang dewasa saja yang membuat kerajinan eceng gondok, para pengrajin enceng gondok di pasar Beringharjo juga banyak yang masih bersekolah. Hasil karya tangan mereka, diminati dan diburu oleh banyak orang, termasuk wisatawan mancanegara. Ditangan mereka, eceng gondok bisa jadikan puluhan bahkan bisa ratusan kerajinan tergantung keinginan konsumen, berikut contoh kerajinannya,

Unik Kerajinan dari Eceng Gondok
lifeisbattles.blogspot.com
Unik Kerajinan dari Eceng Gondok
masfikr.com
Unik Kerajinan dari Eceng Gondok
www.kerajinanambarawa.com
Unik Kerajinan dari Eceng Gondok
nuramijaya.com

Kalau melihat contoh di atas memang tidak mudah untuk membuatnya, butuh kesabaran dan ketelatenan supaya bisa menjadi proyek yang berhasil dan bermanfaat bagi orang banyak. Manfaat lain sungai yang bebas dari eceng gondok ialah:
  1. Penetrasi sinar matahari bisa bertambah, sehingga bermanfaat bagi hewan - hewan kecil di dalam sungai
  2. Aliran sungai bisa kembali normal, sehingga bebas dari banjir
  3. Memberi rasa nyaman bagi mereka yang sedang melintasi jembatan sungai
Untuk itu cintailah sungai kita, jangan buang sampah dan limbah sembarangan, agar aliran sungai kita bisa berjalan lancar dan terhindar dari bencana banjir serta bau tidak sedap dari air sungai yang tercemar tadi.

Buatan Tangan dan Buatan Mesin Pilih yang Mana
Artikel Terkait