Asal Usul Pembuatan Wayang

Wayang merupakan karya seni yang sering di pakai untuk mengisi pertunjukan baik itu pertunjukan komedi atau mengisahkan seorang tokoh. Di zaman sekarang wayang seakan sudah menjadi ikon bangsa yang wajib di lindungi, karena dari seluruh lapisan masyarakat banyak yang menyukai pertunjukan wayang. Maka dari itu jangan biarkan bangsa lain mengklaim bahwa wayang itu bukan asli Indonesia.

Setelah di resmikan UNESCO pada 7 November 2003 wayang telah di nobatkan sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur asli Indonesia. Al hasil pertunjukan wayang sekarang sudah mendapatkan izin untuk melebarkan sayapnya di pertunjukan seni yang ada di seluruh dunia.

Asal Usul Pembuatan Wayang

Mengenai asal usul pembuatan wayang sejak pertama kali di ciptakan pada 1500 SM wayang pada saat itu masih terbuat dari rerumputan yang di ikat menyerupai bentuk manusia, sehingga masih sangat sederhana. Pertama kali dulu wayang hanya di gunakan untuk pemujaan roh nenek moyang dan juga untuk mengisi upacara adat. Pada periode selanjutnya setelah orang jawa mulai meningkat kecerdasannya, para cendekia muda waktu itu mencoba untuk membuat wayang dari kulit hewan dan hasilnya cukup menggembirakan, sangat bagus tetapi proses pembuatnnya cukup rumit dan membutuhkan waktu berhari - hari.

Untuk zaman sekarang wayang sering di pentaskan pada pertunjukan seni yang bertajub komedi dan banyak orang yang menantikan kehadirannya. Wayang di gerakan oleh manusia yang biasa di sebut dalang, selain itu dalang juga bertugas sebagai narasi atau pembaca reruntutan cerita pewayangan dan ada satu lagi dalang yang mempunyai tugas khusus yaitu menabuh kendang sebagai pengiring cerita pewayangan.

wayang di gunakan sunan kalijaga untuk berdakwah

Wayang kini di bedakan dalam beberapa jenis, meliputi wayang golek, Wayang Kulit, Wayang Kayu, Wayang Orang, Wayang Rumput, dan Wayang Motekar. Semua itu merupakan karya anak bangsa yang patut di banggakan, serta harus di lestarikan agar kesenian wayang tetap ada dan bisa di nikmati generasi berikutnya.

Cari Kerajinan Bunga dari Tisu
Artikel Terkait