Limbah Kulit Udang Ternyata Bisa di Jadikan Plastik

Di tangah masalah sampah yang sedang melanda tanah air, muncul kabar menggembirakan dari salah seorang siswi SMA Kharisma Bangsa Ciputat, Tangsel, Yuke Fadhlillah Kirana yang bisa mengubah limbah kulit udang menjadi plastik, sontak hal ini langsung di sambut gembira oleh kalangan pelajar di seluruh tanah air. Karena ada orang indonesia yang bisa menemukan hal baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Penemuan ini di harapkan bisa menginspirasi anak muda lainnya di seluruh indonesia untuk terus belajar dan mengasah kemampuan sesuai bakatnya. Agar kelak bisa berguna bagi orang banyak. Terus mengenai bahan apa saja yang di butuhkan untuk membuat plastik dari limbah kulit udang ialah pati onggok, air, bahan kimia PVA (polyvinyl alcohol) dan kulit udang sendiri. Sebelum itu setalah di lakukan penelitian lebih mendalam ternyata kulit udang itu mengandung chitosan yang berasal dari kitin dan di klaim masih ramah lingkungan.

Bedanya plastik biasa dengan plastik dari kulit udang ialah plastik biasa itu mengandung polimer sintetis yang sulit terurai di dalam tanah sedangkan plastik dari kulit udang mengandung polimer alami yang mudah terurai dalam tanah dalam jangka waktu 50 hari, dan hal ini paling tidak bisa menjadi solusi untuk mengatasi limbah plastik di indonesia.

Limbah Kulit Udang Ternyata Bisa di Jadikan Plastik
                                                                    Gambar Ilustrasi

Plastik ini sebenarnya masih dalam tahap proses pengembangan, karena mempunyai kelemahan yaitu mudah sekali hancur kalau terkena air, untuk itu yuke sang penemu terus melakukan riset lebih intens lagi agar plastik temuannya itu bisa tahan air seperti plastik pada umumnya. Namun di balik kelemahan itu ternyata plastik ini mempunyai kelebihan yaitu bisa membawa beban berupa delapan air mineral dalam kemasan dan ini membuktikan bahwa untuk kualitas daya tahan beban plastik ini tidak kalah seperti plastik lainnya.

Airbrush Body Kendaraan
Artikel Terkait